Blog yang berfokus pada kecerdasan otak, menyediakan tips trik meningkatkan kecerdasan, kepandaian, kepintaran otak supaya menjadi pribadi yang lebih cerdas

Rabu, 06 April 2016

Memiliki kecerdasan yang tinggi merupakan impian setiap orang. Dengan kecerdasan yang tinggi tentunya akan memudahkan Anda untuk menjalani berbagai macam aktivitas serta memudahkan anda menuju kesuksesan dan mewujudkan semua cita-cita Anda. namun, bukan menjadi rahasia lagi bahwa semakin bertambahnya usia seseorang, maka semakin menurun tingkat kecerdasannya.
 
Memang seseorang yang telah beranjak tua tingkat kecerdasannya menurun. Namun tidak menutup kemungkinan orang yang sudah berusia lanjut memiliki tingkat kecerdasan yang masih tinggi daripada para remaja. Mengapa demikian? Karena tingkat kecerdasan seseorang selain dimiliki sejak kecil, dapat juga dilatih. Dengan otak yang dilatih secara terus menerus pastinya akan meningkatkan tingkat kecerdasannya meskipun sudah berusia lanjut.

Selain dari faktor usia masih banyak lagi hal yang dapat menyebabkan menurunnya tingkat kecerdasan seseorang. Banyak kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari yang tanpa disadari dapat menurunkan kecerdasan. Adapun kebiasaan dan gaya hidup tersebut antara lain :

1. Kebanyakan tidur
 
Tubuh memang memerlukan istirahat dengan cara tidur karena hal tersebut baik bagi kesehatan tubuh setelah melakukan aktivitas seharian penuh. Namun, tidur yang berlebihan hanya akan merugikan kesehatan terutama kesehatan otak dengan menurunnya kecerdasan. Selain itu menurut sebuah penelitian, orang yang sering tidur dan suka tidur melebihi 9 jam perhari dapat mengakibatkan depresi.

2. Kurang tidur
 
Selain kebiasaan sering atau suka tidur, kebiasaan kurang tidur juga berpengaruh pada kesehatan otak yaitu menurunnya tingkat kecerdasan seseorang. kurang tidur juga dapat membuat seseorang mengalami kecemasan dan depresi. Oleh karena itu, sebaiknya atur jam tidur anda. waktu yang efektif diperlukan untuk tidur adalah 8-9 jam.

3. Merokok
 
Tentunya anda sudah tahu bahwa merokok dapat merusak kesehatan dan tubuh anda. selain merusak kesehatan, zat-zat beracun yang ada dalam rokok dapat menurunkan kesehatan otak, mengganggu fungsi otak, mengganggu mental dan menurunkan kemampuan mengingat.

4. Malas berpikir
 
Untuk dapat memiliki kecerdasan yang baik jika otak dilatih dengan selalu berpikir dan berinovasi sehingga kecerdasan terus meningkat. Namun sebaliknya, jika pikiran jarang digunakan dan dilatih untuk berpikir dan berinovasi maka dapat menurunkan kecerdasan otak.

5. Konsumsi gula yang berlebihan
 
Gula yang rasanya manis, membuat orang suka menikmatinya. Namun, konsumsi gula yang berlebihan dapat berdampak pada terganggunya penyerapan za-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh serta otak, sehingga nutrisi yang seharusnya dibutuhkan oleh tak tidak tercukupi.

6. Selalu bergantung pada kecanggihan teknologi
 
Sebenarnya banyak sekali informasi yang masih bisa kita ingat lewat memori otak. Namun kita selalu menyalahgunakan google untuk mendapatkan semua informasi yang kita inginkan dengan cepat.

7. Malas olahraga
 
Olahraga dapat menyehatkan tubuh dan seluruh organ yang di miliki seseorang.  Olahraga berfungsi untuk menyeimbangkan susunan senyawa kimia yang menyusun organ otak anda. jika anda malas olahraga maka dapat menurunkan fungsi otak termasuk kecerdasan.

8. Konsumsi Minuman beralkohol
 
Minuman beralkohol selain berbahaya bagi kesehatan tubuh, ternyata juga dapat berbahaya  bagi kesehatan mental dan menurunkan kecerdasan. Hal tersebut disebabkan oleh terlalu banyak meminum minuman beralkohol yang melemahkan syaraf dan dapat menimbulkan masalah terhadap memori otak hingga depresi.

9. Stres
 
Stress merupakan gangguan mental yang sangat cepat menurunkan kecerdasan otak. Sehingga, sangat perlu untuk mencegah dan mengatasi stress supaya tidak berdampak kepada kesehatan otak.

Itulah beberapa kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari yang tanpa disadari dapat menurunkan kecerdasan otak anda. mungkin masih banyak lagi kebiasaan dan gaya hidup yang dapat menurunkan kecerdasan otak yang tanpa anda sadari telah anda lakukan selama ini.

Jika anda menginginkan kecerdasan otak anda meningkat, anda harus merubah semua kebiasaan buruk anda tersebut. namun, merubah suatu kebiasaan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Karena yang bersifat kebiasaan sudah berakar dalam ingatan atau persepsi yang mungkin dilupakan oleh pikiran sadar dan benar-benar di luar kesadaran, tetapi disimpan dalam alam bawah sadar.
 
Menurut pikiran bawah sadar anda kebiasaan tersebut adalah baik karena telah menyimpan perasaan kepuasan yang Anda terima dari kebiasaan itu. Bawah sadar Anda hanya bisa merujuk pada emosi Anda, dan secara otomatis akan memicu Anda untuk merasakan emosi ketika Anda melihat atau memikirkan perilaku tertentu. Sampai saat ini, kebiasaan buruk Anda telah memberi Anda beberapa bentuk kesenangan. Untuk mengubahnya Anda bisa menggunakan Hipnoterapi Generic Habit Control.

0 komentar:

Posting Komentar