Blog yang berfokus pada kecerdasan otak, menyediakan tips trik meningkatkan kecerdasan, kepandaian, kepintaran otak supaya menjadi pribadi yang lebih cerdas

Kamis, 07 April 2016

01.44 | by Unknown | Categories: , , , , | No comments
Mempunyai anak yang cerdas adalah dambaan setiap orang tua, jadi tak heran jika banyak sekali orang tua yang melakukan segala cara untuk meningkatkan kecerdasan anak seperti melakukan tes bakat dan minat, mengikutkan mereka ke kursus anak yang terkenal atau memberikan pendidikan yang terbaik kepada mereka.

Untuk melakukan semua hal yang disebutkan tadi pastilah diperlukan banyak sekali biaya. Padahal bila diperhatikan sebenarnya ada cara yang lebih mudah dalam melakukannya. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk meningkatkan kecerdasan pada anak yang bisa Anda lakukan.

- Penuhi Kebutuhan Anak

Sebelum Anda mengharapkan kecerdasan pada anak, hal pertama paling dasar yang harus Anda lakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan anak. Ada banyak sekali kebutuhan anak, namun yang paling penting untuk tumbuh kembang dan kecerdasan anak adalah asupan nutrisi, tidak perlu mahal yang penting sehat dan seimbang baik itu dari makanan maupun minuman.

Beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan anak pada masa pertumbuhan dan perkembangan adalah asupan omega-3, DHA, dan EPA yang banyak terdapat pada ikan salmon. Selain itu juga penting untuk memberika buah dan sayuran yang kaya akan serat sehingga baik bagi tumbuh kembang mereka.

- Memenuhi Kasih Sayang Pada Anak

Tanpa Anda sadari sebenarnya cinta dan kasih sayang ternyata dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini bahkan telah dibuktikan melalui sebuah penilitian di Amerika yang menyebutkan bahwa kasih sayang dapat meningkatkan perkembangan sel-sel otak pada anak.

Oleh sebab itulah Anda sebagai orang tua harus memberikan kasih sayang kepada anak denga baik, lakukan interaksi kepada mereka sesering mungkin yang disertai juga kontak mata. Anda sebagai orang tua juga harus paham bahwa setiap anak memiliki kelebihan tersendiri sehingga jangan membandingkan mereka dengan yang lainnya.

- Rangsang Otak Anak Dengan Permainan

Sebagai seorang anak yang masih kecil mereka memiliki rasa ingin tahu yang begitu dalam, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan kecerdasan anak yaitu dengan melakukan permainan. Permainan yang Anda lakukan bukanlah sembarangan melainkan permainan yang mampu merangsang kecerdasan otak anak.

Beberapa contoh permainan merangsang kecerdasan otak anak adalah catur, sudoku, teka teki silang, permainan tebak-tebakan, dan sebagainya. Selain mampu membantu merangsang kecerdasan anak, dengan bermain juga akan menimbulkan rasa senang pada mereka.

- Mengenalkan Musik

Bagi Anda yang ingin anak menjadi cerdas bisa dilakukan dengan mengenalkan musik pada anak, karena stimulasi musik ternyata mampu meningkatkan kemampuan otak bagian kanan. Sebuah penilitian dari ahli profesional universitas di Melbourne, Australia mengemukakan hasil bahwa musik bermanfaat bagi perkembangan otak anak. Hal ini dibuktikan dengan bahwasanya anak yang belajar musik saat kecil memperoleh nilai yang bagus saat masa SMA maupun Perkuliahan.

- Ajarkan Kebiasaaan Membaca

Membiasakan anak membaca sejak dini sangatlah baik bagi perkembangan otak, sebab membaca merupakan akar penunjang pembelajaran pada anak, bahkan dengan membaca mampu meningkatkan kemampuan kognitif mereka sehingga anak menjadi tidak mudah lupa.

Oleh karena itulah latih anak senang membaca sejak dini sehingga membantu perkembangan otak yang lebih maksimal, agar nantinya anak tumbuh dan berkembang menjadi cerdas dan berprestasi.

- Berolahraga

Selain membuat tubuh menjadi sehat dan kuat ternyata dengan berolahraga juga mampu meningkatkan kecerdasan pada anak. Hal ini dapat terjadi karena dengan berolahraga kecerdasan EQ akan meningkat seperti menjadi lebih percaya diri, memiliki jiwa pemimpin. Dengan kecerdasan EQ yang tinggi akan mendorong juga kecerdasan IQ anak tersebut.

- Istirahat dan Tidur yang Cukup

Tubuh anak yang masih dalam tahap berkembang sangatlah rentan akan sesuatu sehingga Anda sebaiknya jangan terlalu memaksakan anak, saat ia merasa lelah biarkan ia istirahat. Satu hal lagi yang perlu Anda prhatikan adalah waktu tidur anak yang cukup, karena dengan tidur yang cukup mampu mempengaruhi beberapa sistem pemikiran anak seperti fungsi kognitif, daya ingat, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Dengan istirahat dan tidur yang cukup akan membantu anak mencegah hilangnya kemampuan sel-sel otak yang berharga.

Demikianlah beberapa cara mudah yang bisa Anda gunakan dalam mendidik anak menjadi cerdas. Walaupun tidaklah mudah dalam mendidik anak untuk menjadi cerdas, dibutuhkan kesabaran dan juga perhatian yang lebih. Namun bila Anda merasa kesulitan, Anda bisa mencoba dengan bantuan lain seperti melakukan terapi. Salah satu terapi yang yang sudah terbukti secara fektif dalam meningkatkan kecerdasan adalah Terapi Otak Brain Booster.

0 komentar:

Posting Komentar