Blog yang berfokus pada kecerdasan otak, menyediakan tips trik meningkatkan kecerdasan, kepandaian, kepintaran otak supaya menjadi pribadi yang lebih cerdas

Rabu, 06 April 2016

Saat Anda dihadapkan pada sesuatu dan tidak mampu untuk menyelesaikannya, terkadang akan muncul pikiran yang menganggap diri sendiri bodoh. Pikiran yang seperti ini sebenarnya sangatlah salah karena sebenarnya manusia diciptakan oleh tuhan dalam keadaan yang sempurna, hanya saja kemampuan yang diberikan berbeda-beda pada setiap orang.

Perlu Anda tahu kecerdasan manusia tidak hanya satu macam saja, bisa saja Anda buruk dalam pelajaran matematika tetapi dalam pelajaran bahasa memiliki kemampuan diatas rata-rata. Seorang peniliti dari Amerika, Prof. Howard Gardener berhasil mengembangkan 8 macam kecerdasan manusia yang beliau sebut dengan ‘multiple intelligence’.  Menurut beliau setiap manusia memiliki bermacam-macam kecerdasan, hanya saja pengembangan kecerdasan tersebut berbeda-beda tiap orang.

Berikut adalah 8 macam kecerdasan manusia menurut Prof. Howard Gardener, diantaranya adalah:

1. Kecerdasan Logika dan Matematik

Seperti pada namanya kecerdasan yang satu ini lebih berfokus pada kemampuan seseorang dalam memecahkan suatu masalah. Dalam proses penyelesaian masalah tersebut ia mampu menggunakan pikiran secara logika (masuk akal). Selain itu dia juga memiliki kemampuan dalam bidang menghitung secara baik.

2. Kecerdasan Linguistik

Linguistik berasal dari kata bahasa latin yaitu lingua yang berarti bahasa. Oleh sebab itu kecerdasan linguistik lebih mengacu pada kemampuan berbahasa seseorang. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik mampu menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan.

3. Kecerdasan Musik

Kecerdasan musik sudah pasti kecerdasan terhadap suara. Seseorang yang memiliki kecerdasan musik memiliki kemampuan untuk menikmati, membedakan, mengarang, membentuk, mengamati, dan mengekspresikan berbagai macam bentuk musik. Selain itu mereka juga memiliki kepekaan terhadap ritme, melodi, dan timbre dari musik yang didengarkan.

4. Kecerdasan Visual dan Spasial

Orang yang memiliki kecerdasan visual dan spasial ini biasanya adalah yang memiliki jiwa seni yang tinggi. Ini bisa terjadi karena karena orang seni biasanya memiliki kemampuan yang merupakan ciri-ciri dari kecerdasan visual dan spasial yaitu kemampuan untuk mampu mengamati dan menikmati keindahan dari sesuatu secara akurat.

5. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan Interpesonal adalah kecerdasan yang dimiliki seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain, kecerdasan ini meliputi kemampuan untuk untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Biasanya orang yang memiliki kecerdasan ini memiliki kemampuan dalam berinteraksi sosial dengan orang lain yang tinggi.

6. Kecerdasan Intrapersonal

Berbeda dengan kecerdasan interpersonal yang berfokus pada orang lain. Kecerdasan intrapersonal lebih kepada kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan diri sendiri, mampu mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri. oleh sebab itulah orang yang memiliki kecerdasan intrapersonal kebanyakan memiliki pribadi yang disiplin.

7. Kecerdasan Kinestetik

Kinestetik berasal dari kata kinetik yang berarti gerakan, sedangkan kecerdasan kinestetik sendiri ialah kemampuan sesorang dalam menggunakan keterampilan tubuh yang selaras dengan ide, pemikiran, dan perasaan orang tersebut. kebanyakan orang yang memiliki kecerdasan kinestetik ini biasanya adalalah seorang yang memiliki bakat pada olahraga.

8. Kecerdasan Naturalis

Seperti pada maksud naturalis yaitu natural atau alami, kecerdasan naturalis adalah kecerdasan yang mempunyai kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang di jumpai di alam maupun lingkungan. Orang yang memiliki kecerdasan naturalis biasanya adalah orang cinta dan peduli dengan alam.

Demikianlah 8 macam kecerdasan menurut Prof. Howard Gardener dan bagaimana cara mengembangkannya. Setelah mengetahui fakta tersebut diharapkan Anda akan mampu memahami kelemahan dan kelebihan Anda, serta berusaha untuk memperbaiki kelemahan tersebut. ingatlah manusia adalah makhluk yang paling sempurna, jadi jangan menganggap diri Anda bodoh hanya karena satu kelemahan saja. Jika Anda ingin mengembangkan kecerdasan tersebut bisa dengan menggunakan Terapi Otak Brain Booster.

0 komentar:

Posting Komentar